Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Keris Naga Runting Pusaka Prabu Siliwangi

Tanah Jawa erat kaitanya dengan mitos dan legenda, begitu juga dengan benda-benda pusaka milik leluhurnya pada zaman dahulu. Admin akan membahas asal-usul Keris Naga Runting yang terkenal di Jawa Barat, keris itu terkenal sangat sakti mandraguna.

Mitos yang beredar dari kesaktian Keris Naga Runting ini adalah manfaat bagi orang yang memiliki keris tersebut. Beberapa masyarakat percaya bahwa keris ini dapat melindungi diri dari kejahatan, membuat kepercayaan semakin tinggi sehingga disegani semua orang, membuat tubuh menjadi kebal karena ada khodam di dalamnya dan lain sebagainya.

Sampai saat ini Keris Naga Runting masih di perbicangkan di kalangan spiritual tentang letak dan dimana keberadaannya. Keris yang palsu banyak sekali di perjual belikan di kaki lima atau di marketplace (online) dari harga ratusan hingga jutaan sebagai bahan koleksi.

Misteri Keris Naga Runting Pusaka Prabu Siliwangi

Asal-Usul Keris Naga Runting

Keris yang di anggap fenomenal ini di sebut dengan naga runting makan emas atau dala bahasa jawa disebut "Ngemut Emas" karena dalam pembuatan keris ini terdapat bahan dari emas yang melekat pada lidahnya.

Tidak ada sumber yang jelas tentang pembuatan keris ini dari mana, namun masyarakat pulau Jawa percaya bahwa keris ini di buat pada masa Kerajaan Pajajaran yang di pimpin oleh Prabu Siliwangi. Keris tersebut di buat atas petunjuk saat Prabu Siliwangi melakukan persemedian di Gunung Salak, dia menunjuk Empu Welang dan Empu Anjani untuk membuat pusaka yang sangat sakti mandraguna. Sebelum membuat pusaka, kedua Empu tersebut melakukan puasa selama 40 hari 40 malam sebagai ritual sakral untuk menyempurnakan pusaka tersebut.

Setelah selesai melakukan ritual, pembuatan pusaka segera di mulai. Kedua Empu tersebut melakukan pekerjaan dengan sangat hati-hati dan teliti agar mendapat kesempurnaan seperti yang di inginkan Prabu Siliwangi. Tidak ada yang tahu berapa lama proses pembuatan pusaka tersebut namun singkat cerita keris ini di lapisi butiran emas pada ujung lidahnya berbentuk naga kemudian bahan untuk serangkanya terbuat dari kayu cendana membuat pusaka ini terlihat sangat istimewa hanya melihat dari tampilan luarnya saja.

Setelah selesai melakukan tugasnya keris tersebut di serahkan kepada Prabu Siliwangi, melihat pusaka yang di pesan begitu istimewa membuat Prabu sangat bahagia, kemudian dia memberikan hadiah berupa sebidang tanah kepada kedua Empu tersebut sebagai ucapan terima kasih atas pembuatan keris yang sangat sempurna.

Manfaat dan Kesaktian Keris Naga Runting

Menurut mitos yang beredar bahwa banyak sekali keistimewaan dan manfaat dari keris naga runting milik Prabu Siliwangi di antaranya sebagai berikut :

  • Dapat digunakan untuk membentengi diri dari berbagai kejahatan.
  • Berwibawa, di percaya dapat membuat orang yang mempunyai keris tersebut akan di hormati dan mempunyai aura yang positif.
  • Kekebalan, Keris ini di percaya dapat membuat tubuh kebal dari senjata tajam bagi pemiliknya karena di dalamnya terdapat khodam yang sangat sakti.

Sampai saat ini pusaka milik Prabu Siliwangi yang asli tidak di ketahui keberadaanya, mitos yang beredar di tengah masyarakat bahwa keris tersebut berada di kawah Gunung Salak, Raja Pajajaran tersebut melemparkan ke dalam kawah karena sadar akan bahaya keris tersebut jika sampai jatuh ke tangan orang jahat.