Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos perjalanan Nyi Blorong penguasa Pantai Selatan bagian tengah

Mitos nama Nyi Blorong sangat terkenal di Indonesia khususnya masyarakat di Pulau Jawa, Nyi Blorong atau dengan nama asli Maheswari Sasandoro ing Gayatri adalah sesosok siluman ular dengan bagian pinggang ke atas berwujud manusia berparas wanita cantik, dia di tugaskan untuk menjaga keamanan pantai selatan bagian tengah.

Mitos Nyi Blorong penguasa Pantai Selatan bagian tengah
Nyi Blorong penguasa Pantai Selatan bagian tengah
Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul merupakan panglima terkuat di kerajaan laut selatan yang letaknya di Samudra Hindia, Kerajaan pantai selatan di pimpin oleh Sang Hyang Baruna yang berasal dari Pegunungan Himalaya India, kerajaannya sangat luas dari ujung barat ke ujung timur Pulau Jawa.

Nyi Blorong di tugaskan oleh Sanghyang Baruna untuk menjaga keamanan Pulau Jawa bagian tengah, sedangkan Nyi Roro Kidul di tugaskan untuk menjaga bagian barat Pulau Jawa dari ancaman kerajaan Laut merah.

Baca juga : Perang Pantai Selatan vs Laut Merah perebutan kekuasaan di Pulau Sumatra

Ketika masih muda, Nyi Blorong pernah belajar ilmu di puncak Gunung Raung, dia berguru kepada Sang Hyang Ananjaya atau terkenal dengan nama Hanoman, dia menuntut ilmu bersama salah satu anak Sanghyang Asta Dewa yang bernama Rahyang Joyo Wiseso

Saat berguru Nyi Blorong jatuh hati dengan ketampanan Jaya Wisesa, tetapi cinta itu bertepuk sebelah tangan karena saat masih muda Joyo Wiseso selalu terobsesi dengan ilmu kanuragan, berkelana mencari guru untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.

Karena cintanya di tolak, Nyi Blorong turun dari Gunung Raung, menuntut ilmu siluman ular di Alas Gumitir yang terkenal sakti, setelah itu karena dalam hatinya masih membekas luka yang dalam dia menjadi penari ular dengan nama Badarawuhi yang sempat viral di Desa Penari, Kabupaten Banyuwangi.