Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perang Kerajaan Pantai Selatan vs Kerajaan Laut Merah perebutan kekuasaan di Pulau Sumatra

Pantai selatan Pulau Jawa merupakan destinasi wisata laut yang sangat indah bagi wisata lokal dan turis asing. Pantai ini memiliki banyak mitos yang kental terutama bagi masyarakat Pulau Jawa terutama tentang mitos keberadaan Ratu Pantai Selatan atau dengan nama Nyi Roro Kidul.

Perang Kerajaan Pantai Selatan vs Kerajaan Laut Merah perebutan kekuasaan di Pulau Sumatra

Kerajaan Pantai Selatan memiliki raja yang bernama Sanghyang Baruna, dia adalah utusan dari Pegunungan Himalaya yang berada di India, ia memerintahkan Nyi Roro Kidul untuk menguasai pantai barat dan Nyi Blorong ataun Maheswari Sasandoro ing Gayatri menguasai bagian tengah. Pusat kerajaan pantai selatan berada di sekitar Pantai Parangtritis dan Pantai Parang Kusumo.

Pertempuran Kerajaan Pantai Selatan vs Kerajaan Laut Merah

Kerajaan Laut Merah merupakan kerajaan jin Islam terbesar di dunia, kerajaan ini sudah berdiri beribu-ribu tahun lamanya, kerajaan ini memliki musuh yang kuat dari kerajaan jin yang berada di Himalaya. 

Peperangan ini terjadi beratus-ratus tahun yang lalu, bermula ketika mimpi Raja kerajaan Pantai Selatan ingin memperluas daerahnya ke barat menuju Pulau Sumatra bagian selatan dengan mengutus Nyi Roro Kidul sebagai pemimpin pasukan penyerangan.

Sanghyang Baruna tau bahwa Pulau Sumatra sudah lama menjadi daerah kekuasaan kerajaan laut merah, namun dengan strateginya ini menguasai sedikit demi sedikit bagian selatan adalah hal yang memungkinkan untuk dilakukan.

Kabar ingin memperluasnya kerajaan pantai selatan ke daerah Pulau Sumatra terdengar sampai ke kerajaan Laut Merah, hal ini membuat marah raja Laut Merah apalagi dengan di serangnya kerajaan Gunung Krakatau yang mengakibatkan raja Krakatau terculik dan ditahan. Raja Laut merah mengutus Hasyim Bahadur untuk melakukan perlawanan dan pengusiran terhadap pasukan pantai selatan.

Baca juga : Hasyim Bahadur, Jin islam utusan Kerajaan Laut Merah

Alasan Laut Merah melakukan perlawanan peperangan karena sangan berbahaya, jika kerajaan Pantai Selatan bisa menguasai Pulau Sumatra hinga Aceh maka di pastikan jalur mereka akan terputus dan tidak bisa menyiarkan agama Islam yang ada di Pulau Jawa.

Perang terjadi antara Kerajaan Laut Merah dan Kerajaan Pantai Selatan, peperangan ini membuat pasukan Nyi Roro Kidul kewalahan dan terdesak mundur hingga menuju daerah Cilacap. Akhirnya pertempuran ini di menangkan oleh kerajaan Laut Merah di tandai dengan di bangunnya posko di daerah Ujung Kulon.

NB: Cerita ini hanya mitos dan belum tentu dengan kebenarannya, cerita ini hanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan saja.