Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos siapa sebenarnya Badarawuhi di Desa Penari Banyuwangi

Belum lama ini, Desa Penari wilayah terpencil di kabupaten Banyuwangi menjadi perhatian publik karena menduduki peringkat pertama trending Twitter Indonesia. Desa Penari menjadi tempat memproduksi film horor Indonesia yang disutradarai oleh Awi Suryadi.

Film KKN Desa Penari ini memecahkan rekor sebagai film terlaris sepanjang masa dengan menggeser film Warkop DKI Reborn dan melewati pencapaian film Pengabdi Setan. Film ini menggiring penonton menuju suasana mencekam dan angker dengan di bumbui mitos dan horor. 

Mitos siapa sebenarnya Badarawuhi di Desa Penari Banyuwangi

Siapakah Badarawuhi yang menjadi sosok antagonis di film tersebut? Badarawuhi dalam bahasa Jawa kuno yang artinya pada berdatangan. Nama Badarawuhi sebutan dari manusia yang mempunyai nama asli Maheswari Sasandoro ing Gayatri (Nyi blorong). Sosok Badarawuhi merupakan makhluk halus yang terkenal dengan tarian ularnya yang mampu menghipnotis penonton untuk datang melihatnya. 

Badarawuhi adalah anak dari Sanghyang Baruna ia adalah raja di kerajaan di pantai selatan, cerita sebelum menjadi penari ular, Nyai Blorong pernah berguru di Gunung Raung dengan salah satu Sanghyang yang mempunyai ilmu kera putih, disana di belajar ilmu dengan Rahyang Jaya Wisesa anak dari Sanghyang Asta Dewa.

Baca juga : Mitos Rahyang Joyo Wiseso penunggu Alas Purwo

Badarawuhi dan Jaya Wiseso selalu bersama-sama kemanapun mereka pergi saling menjaga satu sama lain sehingga tumbuhlah benih-benih cinta dalam diri Nyi Blorong, suatu hari Badarawuhi mengungkapkan isi hatinya kepada Jaya Wiseso namun tak di sangka cintanya di tolak karena Rahyang Jaya Wiseso masih ingin berkeliling Pulau Jawa untuk mencari ilmu kanuragan dia terobsesi ingin menjadi pendekar yang di segani di Pulau Jawa.

Hati Badarawuhi hancur dan marah karena cintanya ditolak sehingga dia meninggalkan Gunung Raung untuk menenangkan hatinya. Tidak jauh dari sana dia tiba di Alas Gumitir, dia melihat sebuah kerajaan Ular yang megah, kemudian dia ingin mempelajari ilmu ular tersebut. Setelah dia menguasai ilmu ular, Badarawuhi dengan kecantikannya yang mempesona selalu menari di setiap pagelaran kesenian yang membuat penonton kagum dengan paras wajahnya yang menawan. 

Itulah cerita mitos dari Badarawuhi penari ular dari Desa Penari yang terkenal, Cerita ini hanya mitos belum tentu kebenaranya. Terima kasih.