Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos Rahyang Joyo Wiseso Jin Penunggu Alas Purwo yang Banyak di cari

Siapakah Joyo Wiseso (Jaya Wisesa)? dia adalah salah satu keturunan dari Sanghyang Asta Dewa yang bergelar Rahyang. Dia menduduki jabatan yang tinggi di Alas Purwo sebagai Resi. Disana terdapat kerajaan gaib yang sangat besar dengan raja bernama Kebo Ireng.

Mitos Rahyang Joyo Wiseso jin penunggu Alas Purwo
Alas Purwo saat ini menjadi taman nasional yang beralamatkan di Jl. Brawijaya No.20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68417. 

Taman Nasional Alas Purwo terdapat beberapa jenis hewan seperti banteng, kijang, rusa, monyet, kancil, macan tutul, anjing hutan dan kucing hutan. Di temukan juga beberapa jenis burung antara lain rangkong badak, kangkareng perut putih, merak dan ayam hutan.

Ketika masih muda Rahyang Joyo Wiseso sering berkelana hampir seluruh daerah di Pulau Jawa telah ia datangi. Masa mudanya dia habiskan untuk mencari ilmu kanuragan, berguru kesana kemari. 

Tiba suatu saat Sahyang Asta Dewa menyuruhnya pergi ke Gunung Raung untuk belajar ilmu kera putih pada Sanghyang Antaga (Hanoman).

Rahyang Joyo Wiseso juga pernah menjadi pembantu di Kerajaan Majapahit seperti adiknya Rahyang Jaya Dharma (Kuncung Putih) yang menjadi pembantu di Kerajaan Pajajaran. Joyo Wiseso menjadi saksi sejarah terjadinya perang bubat yang hingga kini masih menjadi misteri.

Baca juga : Mengenal sosok Kuncung Putih jin pembantu Prabu Siliwangi

Joyo Wiseso juga pernah menjadi saksi ketika Pangeran Lodaya bertempur dengan Hasyim Bahadur jin utusan dari kerajaan Laut Merah

Saat itu dia melihat bagaimana kekuatan Hasyim Bahadur hingga membuat hatinya bertanya-tanya, ilmu apa yang dia miliki? membuat hatinya tergugah ingin mempelajarinya.

Baca juga: Dari Petualangan Mencari Ilmu Hingga Memeluk Agama Baru: Kisah Inspiratif Jaya Wisesa

Saat ini Rahyang Joyo Wiseso telah beragama Islam, setelah di Islamkan oleh Ustad M. Hakim Bawazier dan kembali ke Alas Purwo untuk menyiarkan agama Islam kepada rakyatnya.