Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prediksi Bill Gates tentang pandemi dan masa depan tato elektronik

Hari senin tanggal 7 bulan maret tahun 2022, bill gates kembali menghebohkan dunia, seperti dikutip dari cnbc Indonesia, dia meramalkan akan ada teknologi baru yang akan menggantikan smartphone.

Ini bukan pertama kalinya Gates membuat prediksi. Gates sebelumnya berbicara tentang pandemi yang dia ramalkan bertahun-tahun sebelum Covid 19 sekitar tahun 2015 yang tersebar di kanal youtube.

Pada waktu itu bill gates menjadi sasaran teori konspirasi, di tuding sebagai penyebab pandemi global, Saat itu perusahaannya mendapat keuntungan yang sangat besar dengan menjual vaksin ke seluruh dunia.

Teknologi apa yang akan menggantikan smartphone, menurut Bill Gates? Orang kaya asal Amerika ini memprediksi teknologi baru untuk menggantikan smartphone yang disebut tato elektronik. 

Tato elektronik saat ini sedang dikembangkan oleh perusahaan  bioteknologi Chaotic Moon. Tato elektronik dimaksudkan untuk menganalisis dan mengumpulkan informasi dari tubuh manusia.

Menurutnya data yang disimpan oleh tato adalah informasi medis dan olahraga, sehingga dapat mencegah dan mengendalikan penyakit dan juga meningkatkan kinerja fisik. 

Tato elektronik masih dalam  pengembangan, tetapi diketahui untuk sementara diterapkan pada kulit menggunakan sensor kecil dan pelacak yang mengirim dan menerima informasi melalui tinta konduktif khusus yang menghantarkan arus listrik.

Gagasan Gates terlihat di beberapa film Hollywood, bahwa orang dapat menggunakan tato elektronik yang dikembangkan oleh Chaos Moon untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, dan menemukan alamat. 

Sejauh ini, tidak ada diskusi tentang kemungkinan tanggal di rilis atau untuk dijual. Gates dan timnya sedang mencari cara untuk membuat perangkat baru ini bisa di terima orang-orang dan membuat sesuatu melebihi smartphone.

Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, mendukung perusahaan yang mengembangkan tato elektronik yang dapat digunakan sebagai antarmuka dengan komputer dan perangkat lain.

Kita mungkin tidak membutuhkan smartphone di masa depan, menurut Bill Gates. Nelson dari Microsoft Research sedang mengembangkan tato elektronik yang dapat diprogram untuk menampilkan informasi atau bertindak sebagai headset realitas virtual.

Bill Gates telah memperingatkan bahwa teknologi yang dapat dipakai dapat menyebabkan "virus yang dapat ditanamkan".

Bill Gates Memprediksi Bahwa Masa Depan Teknologi adalah Tato Elektronik

Bill Gates Memprediksi bahwa Masa Depan Teknologi adalah Tato Elektronik

Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, memprediksi bahwa di masa depan, teknologi akan tertanam di tubuh kita. Dalam wawancara baru-baru ini dengan CNBC di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Gates mengatakan, "Saya melihat bagaimana dunia akan berbeda ketika kita memiliki komputer yang lebih kuat dan perangkat lunak yang lebih kuat. Dan beberapa dari hal ini terjadi lebih cepat daripada orang akan mengantisipasi."

Dia meramalkan bahwa kita akan melihat "tato elektronik" - atau perangkat yang dapat dikenakan - yang akan melakukan segalanya mulai dari memantau kesehatan kita hingga bertindak sebagai bentuk identifikasi. Tato ini juga bisa berfungsi sebagai cara untuk melakukan pembayaran.

Gates tidak sendirian dalam prediksinya tentang apa yang akan terjadi selanjutnya untuk teknologi. CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa dia percaya augmented reality akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi semua orang.

Kemungkinan Masalah Yang Mungkin Muncul dengan Tato Elektronik

Tato elektronik adalah teknologi baru yang semakin populer. Mereka menyediakan cara untuk menyimpan informasi dan mengirimkan data tanpa memerlukan perangkat fisik. Mereka juga memungkinkan akses ke internet tanpa perlu telepon atau komputer yang sangat nyaman. Namun, terlepas dari banyak manfaatnya, mereka mungkin juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diatasi sebelum menjadi lebih populer.

Beberapa masalah ini termasuk kesulitan dengan masa pakai baterai serta masalah privasi. Tato elektronik dapat melacak lokasi Anda dan apa yang Anda lakukan yang berarti bahwa seseorang dapat menggunakannya untuk melacak setiap gerakan Anda. Masa pakai baterai pada tato elektronik juga tidak terlalu lama sehingga membutuhkan pengisian daya yang konstan yang terkadang membuat pemakaian menjadi tidak nyaman.

Kesimpulan: Generasi teknologi berikutnya adalah tubuh manusia

Makalah ini telah mengeksplorasi masa depan teknologi dan bagaimana hal itu akan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Ini telah membahas bagaimana kita akan melihat pertumbuhan penggunaan kecerdasan buatan, teknologi baru, dan bagaimana mereka akan mengubah hidup kita. Teknologi generasi berikutnya bukan hanya tentang apa yang keluar tetapi apa yang ada di dalam diri kita.