Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips membeli HP android bekas, agar tidak kena tipu

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli ponsel android bekas. pada artikel ini admin akan menulis tips dan trik memilih hp bekas yang masih berkualitas.

Saat ini orang lebih memilih untuk membeli ponsel bekas, karena harga yang ramah di kantong untuk menghemat uang belanja. Smartphone android yang paling diminati masyarakat umum terutama ponsel dengan merk Samsung, Vivo, Oppo, Realme dan Asus.

 Apa itu HP second original?   

Hp second original adalah ponsel yang telah mengalami perpindahan tangan beberapa kali dari pihak pertama yang membeli, biasanya ponsel mengalami pergantian sparepart tetapi masih menggunakan sparepart original atau bawaan pabrik.

Selain itu terdapat juga HP batangan, apa itu hp batangan? yang di maksud hp batangan adalah hp yang di jual terpisah dengan dus box atau charger, kemungkinan di karenakan dusnya hilang atau charger telah rusak. Resikonya jika anda membeli ponsel batangan kemungkinan smartphone itu adalah barang curian, atau hasil clone imei dan lain-lain.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli HP bekas?

Tampilan visual dari luar, lihat seluruh body ponsel apakah masih dalam keadaan mulus, cek keadaan layar smartphone pastikan tidak ada yang retak pada layar dan tidak ada layar sentuh terangkat harus sejajar dengan bodi android tersebut. Apa saja yang perlu di cek saat beli HP bekas? simak penjelasannya di bawah dengan teliti dan seksama.

  • Imei

Cara cek imei dengan menggunakan kode *#06#* pada panggilan telepone, kemudian anda samakan dengan imei yang ada pada kardus tersebut, jika tidak sama maka di pastikan ponsel tersebut bukan dari dus tersebut atau sudah mengalami service dengan mengklone imei.  

  • LCD

Pertama anda cek LCD ponsel tersebut apakah masih layak pakai atau tidak, pastikan tidak ada garis yang membentang jika itu terjadi tanda LCD akan mengalami kerusakan. Cara cek hp samsung anda bisa menggunakan panggilan telepon dengan kode *#0*#* atau #*#0*#*#*, jika android dengan merk lain anda bisa memutar youtube dengan resolusi 1280p.   

  • Touchscreen

Untuk layar sentuh dapat menggunakan kode di atas, hp dengan merk samsung bisa mengikuti petunjuk yang di berikan dengan mengikuti perintah untuk menarik garis pada touchscreen tersebut. Cara lain anda bisa melakukan pengetikan dengan masuk ke menu SMS, urutkan pengetikan dari atas sampai bawah keyboard dan rasakan dan lihat pada layar ponsel apakah ada yang tidak muncul hurup tersebut.

  • Kamera

Coba anda untuk memotret menggunakan kamera belakang dan depan, kemudian anda cek pada galeri apakah gambar tersimpan pada perangkat tersebut dan lihat kualitas gambar.

  • Suara

Cara ini adalah untuk melakukan tes pada speaker, Anda bisa memutar lagu pada ponsel tersebut putar dengan tingka volume maksimal dan dengarkan suara tersebut apakah ada suara yang terdengar pecah. 

  • Jaringan/ Koneksi

Untuk mengecek mode ini anda bisa melakukan panggilan selular dengan cara memasukan simcard dengan menelephone kerabat dan tanyakan apakah suaranya terdengar jelas, kemudian anda dengarkan suara teman berbicara anda. Lakukan berselancar di dunia maya dengan masuk youtube atau google chrome.

  • Lubang Charger

Colokan ponsel dengan charger, apakah daya pada bar baterai berjalan atau putus nyambung, kemudian anda cek suhu bateri dengan cara pegang pada bagian belakang ponsel apakah daya panas pada baterai semakin panas.

Itulah beberapa cara untuk mengecek kualitas hp bekas yang admin rekomendasikan. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari ponsel bekas.

Terima kasih.