Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Mati Lampu Gara-Gara Pohon Sengon

Baru-baru ini dunia maya di gemparkan dengan penyebab mati lampu di wilayah Pulau Jawa di akibatkan pohon Sengon yang tumbang. Netijen membahas bahwa pohon yang tumbang di sekitar jalur transmisi Ungaran-Pemalang. Jalur itu menyebabkan putusnya transmisi sehingga berdampak pada listrik di area Jobodetabek, sebagian Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. Investigasi masih dilkukan oleh pihak PLN dan belum mengetahui penyebab pasti padamnya arus listrik di wilayah Pulau Jawa.

Viral Mati Lampu Gara-Gara Pohon Sengon
sumber : bibitbunga.com
Sebenarnya apa itu pohon Sengon yang ramai di bicarakan di twitter? menurut sumber di wikipedia adalah sejenis pohon anggota dari suku Fabaceae. Pohon ini tersebar di wilayah India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan Indonesia.

Ciri-ciri pohon Sengon adalah pohon sebagai peneduh dan penghasil kayu yang sangat di andalkan oleh pengrajin kayu karena mepunyai kelebihan dari kayu lainnya. Pohon yang menggugurkan daunnya ini mempunyai tekstur abu-abu gelap pada sisi luarnya, namun pada kayu tersebut terlihat kuning mengkilat hingga ke coklatan. Kayu tersebut sangat diandalkan kekuatan dan keawetannya karena tahan terhadap serangan rayap.

Kegunaan pohon Sengon dimanfaatkan unutk membuat peti, perahu, bahan rumah dan lainnya. kegunaan lainnya kulitnya bisa di gunakan untuk membius ikan di Sungai. Harga pohon Sengon sangat bervariasi tergantung ukuran dan bentuk dari pohon itu sendiri.