Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Rahasia Agar Smartphone Tahan Lama Lebih dari 2 Tahun

Di zaman milenial ini smartphone menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang, baik dari kalangan anak kecil hingga dewasa pasti sudah memiliki sebuah gatget. Perkembangan smartphone di Indonesia semakin berkembang pesat dan menjadi pasar bagi para produsen android.
Tips Rahasia Agar Smartphone Tahan Lama Lebih dari 2 Tahun
sumber: google
Smartphone di gunakan untuk browsing, media sosial, main game, nonton video, kamera selfie dan masih banyak lagi, keunggulan smartphone karena mudah di bawa kemana-mana. Tentunya kita sebagai pengguna gadget sangat berharap smartphone yang kita gunakan awet dan lama sampai bertahun-tahun.
Di bawah ini mamang.tech akan menjelaskan rahasia yang mungkin agan belum tahu cara merawat gadget agar bisa di gunakan sampai bertahun-tahun:
  • Hindari Charger Android Semalaman
Mungkin sebagian orang tidak tahu bahwa charger hp semalaman akan membuat android agan cepat rusak terutama di baterai dan ic power, karena daya yang ada di charger terus mengisi walaupun kondisi baterai penuh efek ini menyebabkan baterai cepat boros dan kembung. Cara agar baterai hp tahan lama adalah dengan cara charger seperlunya jika sudah mencapai angka 100% segera cabut charger. Walaupun sekarang sudah banyak smartphone canggih yang mempunyai pemutus arus tapi sebaiknya kita menjaga smartphone kita tetap awet.
  • Jangan Menggunakan Android dengan charger terhubung
Menggunakan smarphone sambil charger terhubung sangat tidak disarankan, efek ini akan membuat hp agan cepat rusak karena sumber daya baterai yang ada di smartphone akan terkuras sementara di sisi lainnya daya listrik terus masuk ke baterai. Penggunaan ini semakin lama akan membuat hp cepat rusak di bagian ic power, cpu dan baterai
  • Isi daya sebelum baterai habis
Untuk kasus ini biasanya pengguna anak kecil, mereka asik bermain dengan smartphonenya sampai baterai terkuras habis dan smartphone mati, karena sistem android menggunakan notifikasi pengisian baterai setelah muncul pemberitahuan pengisian daya segera agan lakukan.
  • Bootlop atau hang logo  
Permasalahan ini terletak pada sistem android yang mengalami kerusakan di dalam ic emmc, biasanya sebelum melakukan pergantian emmc akan melakukan proses flashing dahulu jika smartphone mengalami tanda- tanda seperti bootlop, sering restart, muncul pemberitahuan aplikasi berhenti dan lain sebagainya, jika cara flashing tidak menuntaskan masalah maka akan dilakukan pergantian ic emmc yang lumayan mahal.
Untuk menghindari hal seperti di atas sebaiknya lakukan pencegahan smartphone dengan cara :
    • Hindari download dari sumber yang tidak dikenal usahakan download dari playstore
    • Ketika sedang browsing di internet jika menemukan virus dengan ditandai suara bergetar harap langsung tutup jangan menekan tombol apapun dilayar biasanya jika di tekan akan menyisipkan malware kepada smartphone kita.
    • Jangan cabut baterai, memori atau kartu secara langsung tanpa mematikan gadget hal ini akan menyebabkan kerusakan data.
    • Jangan mengirim dan menerima file sembarangan baik melalui media wifi atau bloetooth
Itulah beberapa tips android agar gadget bisa awet tahan lama sampai bertahun-tahun, jika ada kekurangan atau mau menambahkan silakan tulis di komentar.
Semoga bermanfaat
Baca juga :Manfaat dan kegunaan FRP di Android
Cara menambahkan aplikasi kamera bokeh di android
Cara hard reset Evercoss Extream 1 dan 1 Plus
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di artikel ini terkadang di dapatkan dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah tersebut, silakan anda dapat menghubungi kami disini.