Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Kegunaan FRP di Android

Factory Reset Protection - FRP sistem keamanan dari google yang berguna untuk melindungi smartphone Android dari pencurian. walaupun si pencuri sudah melakukan hard reset atau factory reset smartphone akan tetap terkunci. Seperti namanya Factory Reset Protection akan melindungi smartphone android dengan cara meminta pengguna untuk melakukan konfirmasi email google yang sebelumnya terhubung dengan android tersebut.

Fitur baru ini hanya di dukung untuk Android 5.1 (Marshmallow) ke atas atau yang lebih baru untuk melindungi dari pencuri yang memanfaatkan fitur factory reset atau hard reset. Pesan yang muncul setelah factory reset :

“This device was reset. To continue, sign in with a Google Account that was previously synced on this device.” Yang artinya kurang lebih : “Perangkat ini telah di reset. Untuk melanjutkan, masuk dengan akun Google yang sebelumnya telah di sinkronkan di perangkat ini.”

Manfaat Factory Reset Protection :

Manfaat FRP di android adalah untuk melindungi hp android anda ketika android hilang. Dengan adanya fitur FRP orang lain tidak akan bisa melakukan factory reset dan menggunakan android anda  tanpa memasukkan akun google yang sebelumnya sudah tersingkron dengan smartphone tersebut.

Factory Reset Protection (FRP) di Android ini mirip dengan fitur find my Iphone atau iCloud Activation Lock. Dengan adanya fitur FRP ini akan membuat pengguna smartphone android merasa lebih aman karena akses dibatasi untuk pengguna yang tidak sah.

Bagaimana mencegah agar smartphone Android kita nantinya tidak mengalami masalah Factory Reset Protection (FRP)? syaratnya agan tidak perlu mengaktifkan fitur kunci layar (lockscreen) pada Android dan juga hapus semua akun Google di Android sebelum melakukan proses wipe atau factory reset. Namun seandainya Android sudah terlanjur mengalami Factory Reset Protection (FRP), maka solusinya cukup mudah yakni hanya perlu masuk atau Login menggunakan akun Google yang aktif di smartphone tersebut.